Lockheed Stratoliner: Pesawat Masa Depan Yang Dapat Terbang Kemana Saja Tanpa Pe

Terinspirasi dari burung Godwit berekor belang (Limosa lapponica) yang mampu terbang menempuh jarak 11,680 ribu kilometer non stop, seorang desainer menciptakan konsep sebuah pesawat yang mampu pergi ke belahan dunia manapun tanpa perlu berhenti.

Bentuknya yang futuristik dan unik memang dibuat sedemikian rupa oleh desainer William Black agar mampu menangkap angin dengan sempurna. Terutama pada bagian sayap yang diambil dari bentuk sayap milik burung Godwit berekor belang. Sayap tersebut diharapkan untuk mampu mengantarkan pesawat ini terbang lebih tinggi dari pesawat komersil yang ada saat ini.


klik gambar untuk melihat foto ukuran besar via tuvie.com

Selain bentuknya yang mempesona, pesawat ini juga ramah lingkungan. Berbahan bakar Hidrogen, pesawat ini tak mengeluarkan polusi di udara sama sekali. Namun tampaknya justru hal inilah yang akan memperlambat kehadiran Lockhead Stratoliner ke dunia penerbangan. Karena mesin berbahan bakar hidrogen baru sedikit sekali dipakai dalam pesawat terbang. Itu pun sejauh ini hanya baru didemonstrasikan pada pesawat-pesawat berukuran kecil.


klik gambar untuk melihat foto ukuran besar via tuvie.com

Dalam mendesain pesawat ini, Black memang memiliki konsep sebuah pesawat super aerodinamis yang mampu terbang ke ketinggian dimana tekanan udara sudah sedemilikan kecil sehingga pesawatnya mampu terbang seperti layaknya sebuah pesawat terbang layang.

Ide konsep pesawat terbang milik Black ini memang sangat menarik, tapi sayangnya kita tidak tahu kapan rencana pesawat ini akan mulai diproduksi, berdoa saja semoga pesawat ini sudah dapat kita cicipi sebelum kita semua pensiun.

 

sumber: Daily Mail
foto ukuran besar:
Tuvie.com


Share artikel ini

Tags: konsep, lockheed stratoliner, pesawat, ramah lingkungan, william black, Teknologi