Apakah Kepik Berbau Busuk Bisa Pingsan Karena Baunya Sendiri?

Segolongan kepik yang biasa disebut stinkbug dikenal karena dapat mengeluarkan bau busuk dari tubuhnya untuk mengusir predator. Menurutmu, apa yang terjadi jika kepik tersebut dipaksa mencium bau 'kentut'-nya sendiri?

Sekelompok ilmuwan di Jepang berusaha mengorek misteri bau yang muncul pada satu jenis stinkbug yang dikenal dengan nama kamemushi. Kamemushi adalah salah satu serangga yang paling dibenci di Jepang karena bau busuknya yang amat menusuk. Saking baunya, orang Jepang yang ingin menyingkirkan kepik ini harus berusaha dengan amat hati-hati, atau bahkan menggunakan selotip besar untuk membungkus kepik ini sebelum membuangnya ke tempat sampah. Penasaran seberapa bau? Tangkap seekor kepik hijau di kebun dan masukan ia ke lubang hidungmu. Hirup napas dalam-dalam, tapi awas, jangan sampe kepiknya ikut masuk kedalem paru-paru. Terlalu beresiko? Coba lihat reaksi kucing di bawah ini.


Percaya deh, bahkan bau kaus kakimu tak akan pernah membuat kucing bereaksi ingin muntah seperti itu

Bau busuk yang berasal dari kelenjar khusus yang berada di dada kepik ini untungnya tidak keluar terus menerus. Bau tersebut hanya dikeluarkan oleh sang kepik ketika ia merasakan keselamatan dirinya terancam.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah kepik ini juga terpengaruh dengan bau busuknya sendiri? Sebuah percobaan yang bisa dilihat pada video berikut membuktikan bahwa ya, bau busuk tersebut dapat membuat mereka pingsan, tapi alasannya lebih dari sekedar kebauan.

Pada video terlihat sekelompok ilmuwan membuat dua buah kandang khusus yang akan dihuni oleh sekumpulan kepik. Pada kandang pertama ditambahkan fasilitas air purifier (pembersih udara) dan kandang kedua tidak. Kemudian sebanyak 160 kepik sukarelawan (dipaksa kale) dibagi menjadi 2 kelompok dan dimasukan ke masing-masing kandang yang kemudian ditutup rapat-rapat.

Pertunjukan pun dimulai. Seiring waktu berjalan, tampaknya ada satu dua kepik yang mulai mengeluarkan bau busuknya di dalam kedua kandang. Waktu dalam video diskip hingga ke waktu 19 menit berikutnya, dan di dalam kedua kandang kini terlihat sudah dipenuhi oleh kepik-kepik yang bergelimpangan. Air purifier sepertinya tidak berpengaruh terhadap bau busuk mereka. Apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata diketahui bahwa jika seekor kepik kamemushi disimpan dalam sebuah kotak penyimpanan kecil dalam waktu yang cukup lama, racun bau yang ia keluarkan akan menyebar di tubuhnya sendiri dan akan membuat ia lumpuh kemudian pingsan. Kepik itu akan pulih kembali jika kotak tersebut dibuka sesaat setelah ia pingsan, tapi jika kotak terus ditutup, si kepik akan mati dalam beberapa waktu kedepan.

Penjelasan lainnya menyebutkan bahwa jika sekumpulan kepik kamemushi disimpan dalam sebuah kotak kecil dan ada satu kepik yang mulai mengeluarkan bau busuknya, maka bau ini akan dianggap sebagai tanda bahaya bagi kepik-kepik lainnya, hasilnya bisa ditebak. Semua kepik pada kotak tersebut akan mulai mengeluarkan bau busuk mereka satu persatu. Hasilnya, semua kepik dalam kotak itu akan pingsan rame-rame seperti yang kita lihat pada video eksperimen di atas.

Nah, jadi sekarang jelas sudah bahwa racun bau yang dikeluarkan oleh stinkbug dapat berpengaruh kepada mereka sendiri.

Pesan moral dari percobaan ini: Walaupun kamu bukan kepik, jangan kentut sembarangan, apalagi di ruangan yang tertutup.

 

sumber: Rocketnews24


Share artikel ini

Tags: eksperimen, jepang, kamemushi, kepik hijau, penelitian, serangga, stinkbug, Science