Ternyata Mengunyah Permen Karet Tidak Meningkatkan Daya Ingat, Justru Malah Memperburuk
Sebuah penelitian di masa lalu mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan ingatan seseorang. Para ilmuwan mengambil kesimpulan tersebut mengacu kepada kemungkinan darah yang dikirimkan ke otak lebih banyak ketika mengunyah permen karet. Namun, ternyata ilmuwan dari Universitas Cardiff, Inggris, menemukan fakta bahwa sebenarnya mengunyah permen karet malah dapat memperburuk ingatan jangka pendek.
Kesimpulan tersebut diambil berdasarkan adanya kemungkinan bahwa apabila seseorang melakukan lebih dari 1 hal pada waktu yang bersamaan, biasanya akan menyebabkan ada salah satu tugas akan terganggu. Misalnya saja, jika kita mengetukkan jari pada saat mencoba mengingat sejumlah angka, seperti nomer telepon, kita akan lebih sulit untuk mengingat angka-angka tersebut.
Sebenarnya apa yang menyebabkan pertentangan hasil penelitian di masa lalu dan masa sekarang? Ilmuwan dari Universitas Cardiff menyatakan bahwa mereka menggunakan permen karet tanpa rasa, sedangkan penelitian terdahulu menggunakan permen karet rasa mint. Rasa bisa menimbulkan perbedaan utama dengan alasan otak dapat mengingat tugas dengan lebih baik karena seseorang mengalami hal yang menyenangkan, seperti rasa yang enak. Rincian dari penemuan ini dapat dilihat online pada The Quaterly Journal of Experimental Psychology.
Pembaca tersayang, dukung kami dengan menekan tombol 'like' di bawah ya :)
Ikuti juga jejak langkah kami di Twitter
Artikel Terkait
- 20 Persen Kodok di Gladstone Menjadi "Mutan"
- Ilmuwan Australia Menciptakan Nanas Rasa Kelapa
- Ditemukan Bakteri yang Dapat Memproduksi Emas Murni 24 Karat
- Ilmuwan: Melihat Foto Bayi Hewan Lucu Bisa Meningkatkan Kinerja
- Studi: Karakter Seseorang Dapat Ditebak dengan Mudah Melalui Sepatu yang Dikenakannya
Terbaru
Teknobite
Oddbite
Hotbite
Ads by Innity
Member List
Monthly archive
- May 2013 (1)
- April 2013 (1)
- March 2013 (6)
- February 2013 (33)
- January 2013 (46)
- December 2012 (41)
- November 2012 (35)
- October 2012 (34)
- September 2012 (71)
- August 2012 (67)
- 1 of 3
- ››






Komentar