Siapa kira bunga dan listrik bisa menghasilkan sesuatu yang menakjubkan. Dengan memanfaatkan ruangan yang sangat gelap 80.000 volt aliran listrik, Robert Buelteman menggabungkan 2 elemen tersebut menjadi karya fotografi yang indah. Tekniknya merupakan perkembangan dari fotografi Kirlian dan sangat berbahaya, bahkan tidak ada orang lain selain dirinya yang berani mencobanya.

Proses pertama yang dilakukan Buelteman adalah dengan menggerus bunga, daun, tangkai, dan ranting dengan pisau bedah hingga tembus cahaya. Kemudian ia meletakkan setiap spesimen pada film transparansi warna dan menutupnya dengan layar difusi (untuk menghasilkan efek yang lebih detail). Setelah itu, ia menempatkannya pada sebuah lembaran logam yang dijepit oleh Plexiglas yang mengambang di atas silikon cair.

Buelteman lalu menyetrumkan listrik yang berlompatan dari lembaran logam, melalui silikon cair dan tanaman, kemudian kembali lagi ke kabel jumper. Pada saat itu, gas disekitar subjek terionisasi dan meninggalkan korona halus. Langkah terakhir adalah mengabadikan momen tersebut dengan cahaya yang bersinar melalui serat optik yang hanya selebar rambut manusia. Saking rumitnya proses ini, terkadang dibutuhkan 150 kali pengulangan untuk mendapatkan 1 gambar yang sempurna.

foto: Robert Buelteman

Share artikel ini

Tags: aliran, berbahaya, bunga, fotografi, Kirlian, listrik, robert buelteman, tanaman, tumbuhan, Seni