Wunderland Kalkar: Taman Bermain Dari Reaktor Nuklir Yang Tak Terpakai

Sebuah reaktor nuklir di Kalkar, Jerman, ditinggalkan begitu saja seiring meningkatnya ketidakpercayaan publik atas pemanfaatan tanaga nuklir pada tahun 1985. Kini lokasi tersebut disulap menjadi taman bermain yang menyenangkan dan tentu saja, bebas radiasi.

Pada tahun 1972, SNR-300 dibangun dengan ambisi untuk menjadi sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir dengan teknologi tercanggih dan pertama milik Jerman. Namun seiring maraknya bencana dari bangunan serupa di berbagai tempat, termasuk Chernobyl, 12 tahun kemudian proyek itu dihentikan karena tekanan yang kuat dari protes masyarakat.

Tahun 1995 pengusaha Belanda, Hennie van der Most memutuskan untuk merubah tempat terbengkalai ini menjadi sebuah tempat hiburan yang menyenangkan untuk keluarga dan anak-anak bernama Wunderland Kalkar.

Ia membeli bangunan yang dulu menghabiskan biaya sekitar 4 milyar dollar itu dengan harga 'cuma' 2.5 juta dollar (sekitar 21 milyar rupiah). Tempat itu pun kini telah berubah sesuai apa yang ia inginkan seperti yang bisa kamu lihat di foto-foto berikut ini.

Dan ini Video bagi yang penasaran bagaimana rasanya menaiki ayunan yang terlihat menyeramkan itu.

 

sumber: Laughing Squid dan Daily Mail


Share artikel ini

Tags: jerman, nuklir, taman bermain, Unik, wunderland kalkar